Rabu, 09 Maret 2011

komputer kuantum

KOMPUTER KUANTUM

Komputer kuantum, banyak sekali orang-orang yang sering menyebutkan akan adanya computer kuantum untuk masa yang akan datang. Kita tidak tahu kapankah computer kuantum itu akan datang. Tapi apakah kalian tahu tentang arti dari computer kuantum itu sendiri? Menurut saya kamputer kuantum itu komputer masa depan bagaimana bisa disebut sebagai computer masa depan karena dengan memakai alat-alat yang cukup canggih mungkin masa yang akan datang akan berubah menjadi lebih baik. Yang lebih utama adalah komputer ini dapat memuaskan para pemakainya untuk menjadikan computer yang lebih canggih lagi yang bisa disebut sebagai supercomputer.

Komputer kuantum merupakan computer sebagai alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Contohnya saja yaitu dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit dalam computer kuantum ini dilakukan dengan qubit. Mungkin pada saat nanti akan ada alat hitung yang lebih canggih.

Menurut para ahli, walaupun komputer kuantum masih dalam pengembangan, telah dilakukan eksperimen dimana operasi komputasi kuantum dilakukan atas sejumlah kecil Qubit (QuantumBits). Penelitian yang baik secara teoretis ataupun pada praktek akan terus berlanjut dengan waktu yang cepat, dan banyak pemerintah nasional dan agensi militer mendukung riset komputer kuantum untuk pengembangannya, baik untuk keperluan rakyat maupun masalah keamanan nasional seperti kriptoanalisis. Karena kemampuannya untuk berada di bermacam-macam keadaan (multiple states), komputer kuantum memiliki potensi untuk melaksanakan berbagai perhitungan secara simultan atau lebih rinci sehingga jauh lebih cepat dari komputer digital. Jadi intinya computer kuantum lebih baik kemampuannya dan lebih cepat dibandingkan dengan computer digital.

Mungkin penjelasan saya cukup sampai sini, mudah-mudahan bisa membantu bagi para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar