Selasa, 22 Februari 2011

arti komputasi modern

ARTI KOMPUTASI MODERN

Mungkin apa yang saya tulis di sini hampir sama dengan orang-orang yang telah memberitahukan apa komputasi modern itu?. Karena saya harus memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen saya. Komputasi, arti dari komputasi itu sendiri adalah sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Oleh karena itu komputasi dapat dikatakan sebagai suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama berabad-abad, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Tetapi sekarang pada saat zaman modern ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan computer dan alat-alat canggih lainnya.

Ada yang disebut sebagai teknologi komputasi, maksudnya adalah berbagai aktivitas pengguna dan pengembang teknologi computer, perangkat keras dan perangkat lunak. Ini merupakan bagian dari spesifik teknologi informasi. Ada juga yang berkaitan dengan komputasi yaitu ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Contohnya yaitu penerapan simulasi komputer bisa dibilang permodelan computer yang artinya memodelkan suatu kejadian dengan menggunakan computer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan.

Sekarang inti dari komputasi modern, apa sih komputasi modern? Banyak yang tahu bahwa komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena itu kebanyakan dari kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Tetapi pada zaman dulu komputasi masih menggunakan pensil dan kertas, table, dan kapur. Sedikit sejarah yang menjelaskan darimana komputasi modern ini dimulai. Konsep komputasi modern ini pertama kali dikemukakan oleh John Von Neumann (1903-1957) yang Von Neumann dilahirkan di Budapest, ibu kota Hungaria, pada tanggal 28 Desember 1903 yang bernama Neumann Janos adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Neumann Janos adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Dia memberikan berbagai macam sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1.Akurasi (big, Floating point)

2.Kecepatan (dalam satuan Hz)

3.Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)

4.Modeling (NN & GA)

5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)



Mungkin apa yang saya tulis disini hampir sama penjelasannya dengan yang saya baca. Jadi jika ada kesalahan tolong dimaafkan.

Sumber referensi :

http://mochamadyoga.blogspot.com/2010/03/komputasi-modern.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

http://bowbow.co.tv/2010/02/pengantar-komputasi-modern/

0 komentar:

Posting Komentar