Selasa, 23 Maret 2010

langkah membuat game jigsaw puzzle

Di zaman era globalisasi ini semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penggunaan computer untuk sekarang sudah tidak baru lagi. Komputerdapat digunakan dalam berbagai bidang, contohnya dalam bidang pendidikan, militer dan pengobatan. Game juga merupakan salah satu teknologi computer karena game adalah metode untuk menghibur semua orang termasuk anak-anak.

Untuk tugas kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan Game Jigsaw Puzzle yang menyusun potongan-potongan gambar yang telah diacak menjadi gambar seutuhnya. Dan disini juga terdapat video game yang akan dijelaskan. Terlebih dahulu kita membutuhkan action script untuk membuat game ini. Terdapat tiga action script yaitu frame script, movie script, dan button script. Hal yang pertama dilakukan adalah membuat langkah-langkah game terlebih dahulu. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • 1: Membuat simbol graphic "bulat"
  • 2: Membuat simbol button"tombol" yang di dalamnya terdapat simbol "Bulat"
  • 3: Membuat simbol Movie Clip "dummy" yang di dalamnya di letakkan pada simbol "tombol".
  • 4 : Selanjutnya gunakan fungsi startdrag untuk membuat objek agar bisa dipindah-pindahkan pada saat mouse di tekan (press)dan lepas pada saat tombol mouse dilepas (release).
  • 5 : Masuklah ke editor simbol movie clip "Dummy", akan terlihat simbol button "tombol" yang harus kita beri Script. Sehingga ActionScript akan kita letakkan di ButtonScript.

Mungkin akan sedikit bingung kenapa kita harus menggunakan movie clip “dummy” kenapa tidak menggunakan symbol “tombol” saja agar lebih mudah. Tetapi fungsi startdrag hanya bisa menggerakan movie clip, bukan tombol sehingga kita harus memerlukan dummy untuk mengkalinya. Untuk penjelasan script ini kita harus menekan "on(press)", fungsi dari startDrag ini adalah untuk membuat objek tersebut mengikut kemanapun kursor mouse pergi. Ketika tombol mouse lepas"on(release)", fungsi stopDrag ini akan membuat objek berhenti mengikut kursor mouse.

  • 6 : Meletakkan movie clip "dummy" yang telah diberi ButtonScript di dalamnya ke STAGE,setelah itu jalankan movie yang telah di buat.

Di bawah ini adalah teknik membuat Game Jigsaw Puzzle. Bagaimana teknik memotong sebuah gambar menjadi bagian dari jigsaw puzzle :

  • Dari Library tersebut ambillah bitmap image (graphic.jpg) ke stage
  • Setelah dari Library, ambil movie clip "Jigsaw Overlay" ( yang isinya berupa garis panduan dari masing-masing bentuk puzzle ) ke stage di layer yang sama dengan image sebelumnya. Posisi "Jigsaw Overlay" akan berada diatas image dan nanti akan berfungsi seperti "cookie cutter" untuk image di bawah. Pastikan ukurannya dan posisinya tepat. Klik di stage kosong untuk menghilangkan semua seleksi.
  • Edit> Select All, dilanjutkan dengan Modify> Break Apart. Maka garis-garis dalam "Jigsaw Overlay" akan terpotong oleh image tanpa menghilangkan pixel-pixel dari image tersebut.
  • Pilih setiap bagian dan kemudian jadikan symbol dengan cara Insert> Convert To Symbol sehingga akan tersimpan dalam Library seperti movieclip symbol dengan registration point di tengah. Beri nama symbol bagian-bagian dari P1 sampai P9.
  • Double klik di suatu tempat pada garis "Jigsaw Overlay" untuk memilih semuanya, lalu delete karen kita tidak lagi membutuhkan garis panduan tersebut.
  • Beri nama instance untuk setiap bagian sebagai P1target sampai P9target.
  • Pilih semua bagian target puzzle, Edit> Copy, lalu pilih layer yang lebih tinggi dan Edit> Paste... Semua movieclip ini menjadi bagian puzzle sesungguhnya. Kamu hanya merubah instance nama pada P1 sampai P9 sehingga bagian puzzle P1 berhubungan dengan P1target di layer bawah. Lakukan hal yang sama untuk bagian-bagian yang lain. Menyebar bagian-bagian puzzle secara random di sisi kiri dari stage.
  • 8)Kembali ke layer dengan semua bagian target puzzle dan pilih mereka lagi. Set Alpha pada 0% Mereka menjadi tak kelihatan.

Action Script akan berada pada frame pertama,karena semua di dalam bagian movieclip puzzle dan memberikan button behaviors [onPress, onRelease, onReleaseOutside] pada fitur dari Flash MX. Untuk menampilkan pesan akhir "You're done!" setelah itu digerakkan oleh sebuah counter variable piecesLeft. Dimana yang digunakan pertama untuk menghitung angka total dari bagian-bagian puzzle,hasil dari jumlah object-objeck dalam _root (_level0) yang mempunyai nama instance yang berisi string "target". Kemudian ketika pemain menaruh bagian puzzle pada lokasi yang tepat, piecesLeft akan berkurang 1... waktu mencapai zero, text "You're done!" muncul dalam dynamic text field _root.message.

Satu fitur bagus adalah bisa menukar image yang digunakan untuk puzzle dengan image lain secara tepat pada ukuran yang sama, metodenya klik kanan pada image dalam Library , pilih Properties...> Import dan cari image baru dengan ukuran yang sama. Sehingga tanpa kerja ekstra, kamu bisa punya puzzle baru, karena semua bagian puzzle akan menyimpan orientasi mereka tidak masalah dengan apa yang ada dalam content graphicsnya.

Referensi

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/pemrograman/membuat-game-jigsaw-puzzle












0 komentar:

Posting Komentar