Kamis, 18 November 2010

Apa J2ME?

Ketika saya harus mengerjakan PI (Penulisan Ilmiah). Saya bingung harus mengerjakan apa. Tapi terlintas di benak saya untuk membuat aplikasi game menggunakan J2ME. J2ME (Java 2 Micro Edition) adalah merupakan salah satu tekhnologi bagian dari tekhnologi java yang merupakan kumpulan dari java API untuk pengembangan software yang bersifat kecil, ranping dan hemat. Di dalam J2ME ini terdapat beberapa komponen-komponen J2ME.

Komponen-komponen J2ME

· Java Virtual Machine (JVM)

Komponen ini digunakan untuk menjalankan program-program Java pada Emullator atau handheld devices.

· Java API (Application Programming Interface)

Komponen ini merupakan kumpulan librari untuk menjalankan dan mengembangkan program java pada handheld devices.

· Tools merupakan Emmulator untuk mengembangkan aplikasi Java

Dalam J2ME dibagi menjadi 3 bagian paket(package), configuration dan profile. Paket merupakan program tambanhan yang harus disertakan pada wktu distribusi program aplikasi yang dibuat(Deployment). Configuration adalah spesifikasi yang secara detail menjelaskan tentang sebuah virtual machine dan kumpulan API-API dasar yang dapat digunakan dalam class-class tertentu dari sebuah peralatan. Dan merupakan bagian yang berisi JVM dan beberapa library kelas lainnya. Sebagai contoh, sebuah configuration mungkin saja di desain untuk peralatan yang memiliki memori kurang dari 512 KB dan memiliki koneksi jaringan yang terputus-putus. Ada dua configuration J2ME saat ini, yakni :

o CLDC (Connected Limited Device Configuration)

CDLC merupakan perangkat atau konfigurasi dasar dari J2ME. CDLC sebenarnya berupa library dan API(Application Programming Interface) yang diimplementasikan pada J2ME. Kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi-aplikasi kecil seperti pada handphone semacam Sony ericsson, Nokia, Samsung Java Phone, Motorola i85s, organizer/PDA (personal digital assistant) semacam PALM, PocketPC, pager, dan two way pagers. Umumnya perangkat-perangkat tersebut hanya memiliki memori berukuran 160-512 KiliBytes.

o CDC (Connected Device Configuration)

CDC termasuk spesifikasi dan konfigurasi J2ME. CDC merupakan perangkat atau konfigurasi superset dari CDLC. Kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada perangkat-perangkat handheld devices dengan ukuran memori paling tidak 2 Megabytes. Contohnya adalah Internet TV, Nokia Comminicator dan car television atau TV pada mobil.

Nah di dalam J2Me ini ada beberapa software tools J2ME adalah Software Development Kit(SDK) yang dipergunakan untuk memulai pembuatan aplikasi J2ME antara lain:

· JDK 6

· Java wireless toolkit2.5.2 for CDLC.

0 komentar:

Posting Komentar